RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP ...................................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VII (Satu) / 1
Materi Pokok : Himpunan
Alokasi Waktu : 2 JP (2 x 40 menit)
A. KOMPETENSI INTI
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai, dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli(toleransi,gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi, seni budaya terkait penomena dan kejadian yang tampak mata).
KI 4: Mencoba,mengolah, dan menyaji, dalam ranah konkret( menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori).
B. KOMPETENSI DASAR
v Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, resposnsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
v Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan diri pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya serta kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
v Menunjukkan perilaku ingin tahu dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi penyelidikan himpunan.
v Memahami pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan dan menunjukkan contoh dan bukan contoh.
C. INDIKATOR
- Menjelaskan konsep himpunan
- Menentukan mana yang termasuk himpunan dan bukan himpunan
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui proses pembelajaran, siswa memiliki pengalaman belajar:
- Memahami konsep himpunan;
- Memahami himpunan dan bukan himpunan
E. MATERI PEMBELAJARAN
- KONSEP HIMPUNAN
F. Metode Pembelajaran
Penugasan individu dan kelompok, Tanya Jawab, Diskusi Dan Presentasi
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | - Guru memberikan salam dan mengecek kehadiran siswa - Guru Mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis. - Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai. - Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa untuk menyelesaikan latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran. | 15 menit |
Inti | - Secara klasikal siswa mengamati, mencermati dan didorong untuk mengajukan pertanyaan terkait contoh permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan himpunan - Secara berkelompok mengerjakan LKS dalam rangka mengumpulkan informasi dan kemudian bisa menyimpulkannya - Masing-masing kelompok mengkomunikasikan temuan dan pemahamannya dengan bahasa sendiri - Memberi kesempatan pada siswa untuk bertanya jika ada masalah atau hal-hal yang belum dipahami - Menguji pemahaman siswa dengan mengerjakan latihan | 50 menit |
Klik tautan dibawah unmtukmendapatkan file-nya
Download dari aoranur.blogspot