RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP ..............................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VII (Satu) / 1
Materi Pokok : Perbandingan
Alokasi Waktu : 2 JP (2 x 40 menit)
A. KOMPETENSI INTI
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai, dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli(toleransi,gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi, seni budaya terkait penomena dan kejadian yang tampak mata).
KI 4: Mencoba,mengolah, dan menyaji, dalam ranah konkret( menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori).
B. KOMPETENSI DASAR
v Menunjukkan sikap logis, kritis, ana-litik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
v Menunjukkan perilaku ingin tahu dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi penyelidikan operasi bilangan bulat.
v Memahami konsep perbandingan dan menggunakan bahasa perbandingan dalam mendeskripsikan hubungan dua besaran atau lebih
v Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel dan grafik
C. INDIKATOR
- Menjelaskan perbandingan
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui proses pembelajaran, siswa memiliki pengalaman belajar:
- Memahami perbandingan;
E. MATERI PEMBELAJARAN
- PERBANDINGAN
F. Metode Pembelajaran
Penugasan individu dan kelompok, Tanya Jawab, Diskusi Dan Presentasi
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | - Guru memberikan salam dan mengecek kehadiran siswa - Guru Mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis. - Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai. - Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa untuk menyelesaikan latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran. | 15 menit |
Klik tautan dibawah unmtukmendapatkan file-nya
Download dari aoranur.blogspot