RPP Penjas Orkes Kelas 7 Tema Badminton Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                     : SMP / MTS .................................................................
Mata Pelajaran         : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester         : VII / I
Mata Pelajaran         : Penjas Orkes
Tema / Topik            : Badminton
Pertemuan ke            :
Alokasi Waktu          :  2 x 3 x 40 menit ( 2 x pertemuan )


A.    Kompetensi Inti
1.    Menghargai dan mengetahunya tentang ilmu berdasarkan rasa ingin menghayati ajaran agama yang dianut.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli ( toleransi, gotng-royong ), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.    Memehami pengetahuan ( faktual, konseptual, dan prosedural )  berdasarkan rasa ingin  tahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi,  seni, budaya terkait venomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah kongkrit ( menggunakan, mengurai, merangkai,  memodifikasi, dan membuat ) dan ranah abstrak ( menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang )  sesuai dengan yang  dipelajari di sekolah dan sumber lain  yang sama dLm sudut pandang / teori.

B.    Kompetensi  Dasar
1.  1. Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama  yang dianut  dalam melakukan 
aktifitas jasmani,  permainan, dan  olahraga.
2.  1.  Berperilaku  sportif dalam bermain.
2.  6.  Disiplin  selama  melakukan berbagai aktifitas  fisik.
3.  2.  Memahami  konsep ketrampilan  gerak fondamental  permainan  bola kecil.
4.  2.  Mempraktikkan tehnik dasar  permainan  bola kecil dengan  menekankan  gerak  dasar
fondamental.

C.    Indikator  Pencapaian  Kompetensi
1.    Melakukan doa sebelum memulai  pembelajaran.
2.    Menunjukkan sikap  sportif dalam bermain.
3.    Menunjukkan  sikap  disiplin  selama mengikuti pembelajaran.
4.    Melakukan tehnik dasar  forehand dan backhand dalam permainan badminton
5.    Menjelaskan tehnik dasar forehand dan backhand dalam permainan badminton

D.    Tujuan   Pembelajaran.
Setelah mengikuti pembelajaran diharapkan peserta didik dapat :
1.    Melafalkan doa menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
2.    Menunjukkan sikap sportif  dalam  bermain.
3.    Menunjukkan sikap disiplan selama mengikuti pembelajaran. 
4.    Siswa dapat melakukan teknik dasar memegang raket untuk servis dan pukulan forehand dengan benar
5.    Siswa dapat bermain bulu tangkis dengan dengan peraturan yang dimodifikasi dengan benar

E.    Materi  Pembelajaran
1.    Teknik dasar memegang raket untuk servis dan pukulan forehand
2.     Bermain bulu tangkis menggunakan peraturan yang dimodifikasi

F.    Metode Pembelajaran
-    Pertemuan  1 = penugasan
-    Pertemuan  2 = resiprokal/timbal-balik

G.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (3 x 40 menit)
1.    Kegiatan Pendahuluan ( 30 menit )
­    Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
­    Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
­    Menjelaskan materi pembelajaran secara runtun serta pelaksanaan kegiatan pembelajaran

2.    Kegiatan Inti ( 70 menit )
Mengamati:
    Berbaris,Berdoa, Presensi apersepsi dan pemanasan sebelum Pelajaran
    Membaca informasi tentang gerak fundamental permainan badminton (teknik pegangan raket, service,  pergerakan kaki (footwork), pukulan (stroke), sikap berdiri (stance))  dan

Selengkapnya

Download from http://kitadidik.blogspot.com