SILABUS SMA/MA
MATA PELAJARAN : BAHASA INGGRIS - WAJIB
Kelas : XII
Kompetensi Inti :
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkaitpenyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian |
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar | |||
2.1 Menunjukan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.2.2 Menunjukanperilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggungjawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional | |||
3.1 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menawarkan jasa dan responsnya, sesuai dengan konteks penggunaannya. 4.1 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespons ungkapan menawarkan jasa, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks. | Teks lisan dan tulis untuk menawarkan jasa dan responsnya.Fungsi sosialMenawarkan jasadengan baik, untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lainStruktur teksMay I help you? What can I do for you? What if ...? Yes, please. No, thanks, I’m ok. Thanks a lot.Unsur kebahasaanKosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, dan intonasi.TopikBerbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar | Mengamati· Siswa mendengarkan/menonton interaksi menawarkan jasa.· Siswa mengikuti interaksi menawarkan jasa.· Siswa menirukan model interaksi menawarkan jasa· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi menawarkan jasa (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).MenanyaDengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan menawarkan jasa dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.MengeksplorasiSiswa menawarkan jasa dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.Mengasosiasi· Siswa membandingkan ungkapan menawarkan jasa yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.· Siswa membandingkan antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa. Mengomunikasikan· Siswa menawarkan jasa dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas. · Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menawarkan jasa dalam jurnal belajar (learning journal). | Kriteria Penilaian:· Tingkat ketercapaian fungsi sosial menawarkan jasa· Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks menawarkan jasa· Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi· Kesesuaian format penulisan/ penyampaianCara Penilaian:Unjuk kerja · Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi yang berisi menawarkan jasa dan responsnya· Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menawarkan jasa serta responsnyaObservasi: Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian:· Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menawarkan jasa ketika muncul kesempatan.· Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.· Perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi· Perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi |