Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Kelas : XI
Kompetensi Inti :
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian |
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar | |||
2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.2.2. Menunjukkankan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional 2.3. Mengembangkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman. | |||
3.1Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memberi saran dan tawaran, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya 4.1 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan, menanyakan, dan merespons ungkapan memberi saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks | Teks lisan dan tulis untuk memberi saran dan tawaran dan responsnyaFungsi Sosial· Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lainUngkapanSaran dan tawaran:Why don’t youtalk to your parents?What about seeing a doctor now?You should let them know.You can use my PC.Do you need any help?Unsur kebahasaan (1) Kata kerja terkait dengan pemberian saran atau tawaran(2) Preposition + verb ing (3) Ucapan, tekanan kata, intonasi, (4) Rujukan kata TopikKeteladanan tentang perilaku peduli, kerjasama, dan proaktif | Mengamati · Siswa menyimak/ mendengarkan ungkapan memberi saran dan tawaran dan responsnya dengan memperhatiakan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan maupunformat penyampaian/penulisannya. · Siswa mencoba menirukan pengucapannyadan menuliskan ungkapan yang digunakan.MenanyaDengan pertanyaan pengarah dari guru, siswa mempertanyakan antara lain, perbedaan antara berbagai ungkapan memberi saran dan tawaran dalam bahasa Inggris, perbedaannya dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, dan kemungkinan menggunakan ungkapan lain dsbMengeksplorasi· Siswa secara mandiri mencari beberapa teks yang digunakan dalam ungkapan memberi dan dan tawaran dan meresponsnya· Siswa berlatih menggunakan ungkapan tersebut · Siswa memberi saran dan tawaran melalui tulisanMengasosiasi· Siswa menganalisis ungkapan untuk menyatakan, memberi, dan menerima saran dan tawaran dengan mengelompokannya berdasarkan penggunaan. · Dalam kerja kelompok terbimbing, siswa membandingkan ungkapan memberi saran dan tawaran dan responsnya yang lain dan mengaitkan dengan berbagai ekspresi yang mungkin digunakan, sesuai konteks penggunaannya.· Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok. Mengomunikasikan· Siswa mendemonstrasikan memberi saran dan tawaran serta meresponnyasecara lisan dan tertulis di kelas dengan memperhatikan fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks· Siswa menggunakan ungkapan-ungkapan memberi saran dan tawaran dalam konteks komunikasi yang wajar di dalam dan di luar kelas. · Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk memaparkan jati diri dalam jurnal belajar (learning journal). | Kriteria Penilaian· Pencapaian fungsi sosial memberi saran dan tawaran dan responsnya· Kelengkapan dan keruntutan struktur teks memberi saran dan tawaran dan responsnya · Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi· Kesesuaian format penulisan/ penyampaianCara PenilaianKinerja (Praktik)· Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi yang berisi pernyataan dan pertanyaan tentang memberi saran dan tawaran dan responnya .· Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam memberi saran dan tawaran serta responsnyaObservasi Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian:· Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk memberi saran dan tawaran dan responnya ketika muncul kesempatan.· Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.· Kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi Portofolio· Kumpulan catatan kemajuan belajar berupa catatan atau rekaman dialog.· Kumpulan rekam percakapan siswa memberi saran dan tawaran· Kumpulan hasil tes dan latihan. Penilaian Diri dan Penilaian SejawatBentuk: jurnal. komentar, atau bentuk penilaian lain |
3.2. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran, sesuai dengan konteks penggunaannya. 4.2. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespons ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, benar dan sesuai konteks. | Teks lisan dan tulis untukmenyatakan pendapat dan pikiran serta responsnyaFungsi Sosial· Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lainUngkapan menyatakanpendapat/pikiran I think … I suppose... In my opinion …Unsur Kebahasaan Ucapan, tekanan kata, intonasi | Mengamati· Siswa mendengarkan/menonton interaksi menyatakan pendapat dan pikiran serta responsnya· Siswa mengikuti interaksi menyatakan pendapat dan pikiran · Siswa menirukan model interaksi menyatakan pendapat dan pikiran· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi menyatakan pendapat dan pikiran (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).Menanya· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan berbagai ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.MengeksplorasiSiswa menyatakan pendapat dan pikiran dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.Mengasosiasi· Siswa membandingkan ungkapan menyatakan pendapat dan pikiranyang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.· Siswa membandingkan antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa. Mengomunikasikan· Siswa menyatakan pikiran dan pendapat dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas. · Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan pendapat dan pikiran dalam jurnal belajar (learning journal). | Kriteria Penilaian· Pencapaian fungsi social ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran · Kelengkapan dan keruntutan struktur teks ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran· Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi· Kesesuaian format penulisan/ penyampaianCara PenilaianKinerja (Praktik)· Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi yang berisi pernyataan dan pertanyaan tentang ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.· Ketepatan menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menyatakan pendapat dan pikiransertaresponnyaObservasi Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian:· Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan pendapat atau pikiran ketika muncul kesempatan.· Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.· Kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi Portofolio· Kumpulan catatan kemajuan belajar berupa catatan atau rekaman dialog.· Kumpulan rekaman percakapan siswa menggunakan ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.· Kumpulan hasil tes dan latihan. Penilaian Diri Bentuk: jurnal, belajar |