(RPP)
Sekolah : SMP/MTS ............................................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semeste : VII / I
Mata Pelajaran : Penjas Orkes
Tema / Topik : Senam Irama
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 2 x 3 x 40 menit ( 2 x pertemuan )
A. Kompentennsi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianut.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percayadiri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait dengan fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang /teori
B. Kompentensi Dasar
1.1 Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan aktivitas jasmani, permainan, danolahraga, dicerminkandengan : Pembiasaan perilaku berdoa sebelum dan sesudah pelajaran
2.1 Berlaku sportif dalam bermain.
2.6 Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
3.6 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental (langkah dan ayunan lengan) dalam bentuk rangkaian keterampilan dasar aktivitas gerak ritmik.
4.6 Mempraktikkan aktivitas pola gerak melangkah dan irama gerak dalam aktivitas gerak.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Melafalkan doa menurut agama dan kepercayaan masing-masing
2. Menunjukkan sikap sportif dalam bermain
3. Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran
4. melakukan melakukan gerak rangkai ayun satu lengan dan gerak langkah kaki biasa dengan koordinasi yang baik dengan benar
5. Melakukan melakukan gerak rangkai ayun satu lengan dan gerak langkah kaki rapat dengan koordinasi yang baik dengan benar
6. Melakukan melakukan gerak rangkai ayun satu lengan dan gerak langkah kaki keseimbangan dengan koordinasi yang baik dengan benar
7. Melakukan teknik dasar ayunan satu lengan depan, belakang dan samping, dengan benar
8. Melakukan teknik dasar ayunan satu lengan ke samping bersamaan memindahkan berat badan, dengan benar
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, diharapakan peserta didik dapat :
1. Melafalkan doa menurut agama dan kepercayaan masing-masing
2. Menunjukkan sikap sportif dalam bermain
3. Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran
4. Siswa dapat melakukan melakukan gerak rangkai ayun satu lengan dan gerak langkah kaki biasa dengan koordinasi yang baik dengan benar
5. Siswa dapat melakukan melakukan gerak rangkai ayun satu lengan dan gerak langkah kaki rapat dengan koordinasi yang baik dengan benar
6. Siswa dapat melakukan melakukan gerak rangkai ayun satu lengan dan gerak langkah kaki keseimbangan dengan koordinasi yang baik dengan benar
7. Siswa dapat melakukan teknik dasar ayunan satu lengan depan, belakang dan samping, dengan benar
8. Siswa dapat melakukan teknik dasar ayunan satu lengan ke samping bersamaan memindahkan berat badan, dengan benar
E. Materi Pembelajaran
Aktivitas Ritmik/Senam irama
- Rangkaian gerak berirama sesuai dengan ketukan
- Gerak rangkai ayun satu lengan dan gerak langkah kaki dengan koordinasi yang baik
F. Metode Pembelajaran
- Pertemuan 1 = penugasan dan resiprokal/timbal-balik
- Pertemuan 2 = penugasan dan resiprokal/timbal-balik
G. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (3 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan (30 menit)
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
- Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti (70 menit)
Mengamati
• Membaca informasi tentang konsep keterampilan dasar aktivitas gerak ritmik dalam bentuk rangkaian sederhana dan
• Mencari informasi lain tentang konsep keterampilan dasar aktivitas gerak ritmik dalam bentuk rangkaian sederhana dari berbagai sumber media cetak dan elektronika.
Selengkapnya silahkan klik dibawah ini
download dari http://kitadidik.blogspot.com