RPP Bahasa Indonesia Kelas 8 Topik. Teks Biografi (Raditya Dika) Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMP……
Mata Pelajaran      : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester     : VIII/2
Materi Pokok        : Teks Biografi (Raditya Dika)

Waktu                   : 4 x 40 menit (2 pertemuan)

A. Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
1.2 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis.
2.1 Memiliki perilaku jujur dan percaya diri dalam pengungkapan kembali peristiwa hidup diri sendiri dan orang lain..
3.4 Mengidentifikasi kekurangan teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan mupun tulisan
Indikator
1) Mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan teks biografi dari segi isi.
2) Mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan teks biografi dari segi bahasa.
4.4 Meringkas teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun tulisan
Indikator
1) Menentukan gagasan utama dan gagasan penjelas dari masing-masing bagian teks biografi.
2) Menyusus ringkasan teks biografi berdasarkan gagasan utama dan gagasan penjelas yang telah ditemukan.
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
1. Melalui membaca teks/struktur teks cerita biografi, peserta didik dapat menemukan kekurangan dan kelebihan teks biografi dilihat dari segi isi dengan jujur, percaya diri, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar

selengkapnya klik tautan dibawah

download dari http://kitadidik.blogspot.com